MUSIC VIDEO PROJECT – Untold story – Semarang, 22.06.2016

Hai kawan, kali ini saya akan bercerita tentang project #BERKARYA bersama dengan kawan kawan Semarang. Pembuatan Music Video ini dipunggawai Welly Tirta Saputra , awalnya ide ini berasal dari keinginan untuk membuat /re-make music video lagu OST dari film indie SPHERES TRINITY yang sebelumnya pernah dibuat tahun 2012. Re-make music video ini berkonsep FULL band dengan nuansa yang lebih kelam . Basic lagu yang dibawakan tetap pada garis lagu aslinya, namun digubah secara keseluruhan menjadi aliran rock. Setelah proses recording dan mastering lagu selesai, akhirnya ditentukan tanggal shooting untuk project ini. Pada tanggal 21.06.2016 lalu, saya bersama chandra dan chriz memutuskan untuk berangkat ke Semarang lewat jalan darat agar bisa membawa equipment yang lebih banyak dibandingkan dengan via udara.

Lanjoot… tiba hari shoot , lokasi shooting kali ini  bertempat di Vegas Club.sekitar jam 10:00  team dari RED CARPET semarang mulai setting di TKP untuk penempatan JIB dan loading equipment.Para talent yaitu Welly pada vocal, Ikmal Tobing pada drum, bang Kopek pada bass dan Okta pada guitar sudah siap juga di lokasi.

Take 01 : jam 13:00 dimulai take pertama untuk shoot Bassist di scene lorong, roll 3x durasi lagu. Spesifikasi lighting adalah dengan menempatkan 1 unit LED 1000 watt sebagai BACKLIGHT ditempat01kan frontal menghadap ke arah pemain bass, dengan mount bowen di lengkapi dengan FILTER ala ala CTB tapi menggunakan kertas mika warna biru yang di tempel di depan mountingnya. Smoke machine ditempatkan sejajar pada bagian belakang pemain bass. Untuk fill in light di depan menggunakan 2 unit aputure amaran HR 672 HIGH CRI untuk mempertahankan warna kulit ( skintone ) supaya tetap netral. Pada kisi-kisi lorong di samping kanan pemain bass ditempatkan 1 unit LED 1000 Watt dengan filter warna biru, dan 1 unit amaran HR 672 yang digerakkan ke kanan dan kiri ( manual ) untuk memberikan kesan hype yg lebih hidup. Untuk shooting di scene lorong ini menggunakan 3 kamera roll sekaligus .

  • Sony FS5 dengan lensa 16-35 f 4.0 IS ditempatkan di atas slider dengan coverage low angle, dan fill in movement
  • Canon c100 mengcover detail dengan dipadukan dengan lensa 70-200.f 2.8 IS.Dipasangkan diatas tripod
  • Kamera ke 3 adalah Sony a7s mengcover middle shoot dengan lensa 55mm 1.8.
  • Record format dengan XAVC codec di kedua Sony camera dan ProRess format pada Canon c100.

Setelah pengambilan gambar Bassist, dilakukan pengambilan gambar Guitarist dengan format penempatan kamera yang sama tapi dibedakan di warna Backlight pada lighting. Pada scene ini warna backlight menjadi orange. Adanya 2 warna yang kontras dari Biru dan Orange ini mewakili penokohan dalam FILM SPHERES . Warna Orange menggambarkan tokoh antagonis dan BIRU sebaliknya. Pesan explicit disampaikan dengan menggunakan perwakilan warna dalam pembuatan video clip music ini. Ditambahkan penggunaan Dji Ronin M pada shoot di scene ini untuk menambahkan gerakan dolly in, dolly out beserta roll shoot namun tetap smooth pada hasil gambarnya.

Saatnya FULL BAND SHOOT, Full Band Shoot dilakukan kurang lebih 4x roll dengan formasi 4 kamera. Kamera master meng-cover di tengah, 1 Crane shoot menggunakan kamera a7s dengan lensa 24mm 1.4 , insert kanan , dan 1 insert di bagian kiri. Penempatan warna filter biru di kiri dan orang di kanan tetap digunakan di SCENE ini sebagai penegasan karakter yang ada pada filmnya. Setelah full band shoot baru giliran Drummer yaitu Ikmal Tobing mendapatkan porsi singgle shoot. Setelah beberapa kali take dan stock aman, tiba pada pengambilan close up Welly di bagian Vocal. Untuk menghasilkan efek slowmotion ini lagu yang diputar sebagai gudidance lip sync diedit menjadi 200% lebih cepat dari tempo aslinya. Guidance lagu terdengar seperti suara chipmunk . Mengikuti tempo lagu yang 200% lebih cepat gerakan artificial light yang digerakkan manual harus juga bergerak cepat 2x dari aslinya. Untuk mendapatkan gambar close up yang memiliki kualitas baik digunakan refektor untuk membuat bayangan yang dihasilkan main light sedikit menurun intensitasnya.Tepat pada jam 19:00 Shoot selesai dengan lancar dan saatnya re-pack dan kembali ke Surabaya di keesokan harinya.

foto-all-crew
KABINET project SPHERS OST . ROCK VERSION music video, mas ma-un,chandra,chris,welly sotonk,kalis,afgan,bang kopek,okta,ikmal dan japrax

SPHERES OST. MUSIC VIDEO – ROCK VERSION – Klik and go to Youtbe

Berikut gambaran suasana pembuatan music video project ini :

BTS  VIDEO – klik and go to Youtube

BTS PHOTO : photo by Chandra Christiawan

Sekian dan terimakasih sudah menyempatkan mampir… #TERUSEMANGAT

Salam – PAULUS RIZAL

 


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s